10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Mudah dan MuraH

 
Cara menghilangkan jerawat secara alami - Wajah berjerawatHasil gambar untuk wajah tanpa jerawat 
Jerawat (acne) dan bekasnya biasanya* dialami sekian banyak * kalangan. Tak butuh* khawatir sebab* di sini kami akan menyuruh* Anda mengetahui sekian banyak * cara menghilangkan jerawat secara alami.

Meski tak membahayakan jiwa, acne memang menyebalkan sebab* dapat merusak penampilan. Apalagi bila** Anda sedang mempunyai* jadwal urgen* dan me*sti bertatap muka dengan tidak sedikit* orang.

Cara menghilangkan jerawat secara alami ini dapat* membantu meredakan fenomena* yang sedang kita* alami. Pembuatannya pun termasuk* mudah. Bahan-bahannya gampang ditelusuri* dan tak butuh* merogoh tidak sedikit* rupiah.

Tapi sebelum mencobanya, terdapat* baiknya kita* tahu sekilas mengenai* acne terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya, kita* jadi tahu apa saja kira-kira yang dapat mengakibatkan* acne dan menghindarinya sebagai perbuatan* preventif. Yuk, langsung anda* simak!
Pilihan Editor

    10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Mudah dan Murah
    10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Bagai Perawatan Salon
    Ketahuilah Apa Saja Penyebab Jerawat Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

Kumpulan* Isi

    Apa Itu Jerawat dan Bagaimana Ia Terbentuk?
    Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat
    Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel?
    Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya?
    Perlukah Sabar Meski Ada Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat?

Apa Itu Jerawat dan Bagaimana Ia Terbentuk?

Acne vulgaris ialah* masalah kulit yang berhubungan* dengan buatan* kelenjar minyak. Ia terbentuk ketika* kelenjar minyak dalam folikel kulit terlampau* aktif dan memproduksi minyak atau sebum berlebih.

Minyak ini lantas* menyumbat folikel bareng* sel kulit mati sampai-sampai* timbul benjolan dan terjadi peradangan. Benjolan beradang itulah yang anda* kenal dengan nama acne.

Over-produksi sebum ini dapat* dipicu oleh hormon dan bakteri. Karena itu, remaja yang sedang merasakan* perubahan hormon seringkali* lebih rentan menemukan* masalah kulit ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Sama laksana* sepatu, teknik* menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami tidak sedikit* dicari kaum wanita. Cara-cara alamiah semacam ini memang memiliki sejumlah* kelebihan dikomparasikan* memakai produk pabrik.

Meski demikian, masing-masing* orang mempunyai* sensitivitas kulit yang berbeda. Mungkin terdapat* bahan yang tidak sesuai* Anda gunakan. Bagi* itu, kenali bahan-bahan yang dapat* membuat kulit kita* iritasi.

Jangan lupa guna* cuci tangan dan memakai* wadah yang bersih. Jika sudah, sebagai berikut* cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang dapat* Anda jajaki* di rumah:

Baca juga: Cara Membersihkan Wajah Berminyak yang Keliru

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan jerawat batu - Lidah buaya

Tak melulu* baik guna* rambut rontok, lidah buaya dapat menolong* mengurangi peradangan. Ia pun* mempunyai* efek menyegarkan dan dapat* membantu meminimalisir* gatal pada wajah.

Sebuah studi dilaksanakan* Mazandaran University of Medical Sciences, Iran, 2014 lalu. Hasilnya, pemakaian* aloe gel dapat menolong* penyembuhan acne lebih cepat dibanding memakai* tretinoin saja.

Lidah buaya dapat* digunakan dalam situasi* segar atau diubah* terlebih dahulu. Ia juga dapat* dicampur dengan bahan lain. Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan lidah buaya yaitu:

    Potong daun lidah buaya segar dan bersihkan unsur* berduri di samping.
    Kupas unsur* kulit daun dan ambil unsur* gel di tengahnya.
    Oleskan gel pada wajah, diamkan sekitar* 3 hingga* 5 menit.
    Bilas dengan air bersih, pakai* paling tidak* dua kali dalam seminggu.

Terkait

    Resep Masker guna* Menghilangkan Bekas Jerawat yang Mudah Didapat
    Cara Memilih Cream Penghilang Jerawat dan Bekasnya

2. Madu

Ada tidak sedikit* rekomendasi teknik* menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan memakai* madu. Khasiat madu untuk keelokan* memang telah* dikenal semenjak* berabad-abad lalu.

Madu bahkan termasuk di antara* rahasia keelokan* kuno dari kerajaan Mesir. Cairan manis yang didapatkan* lebah ini sering dibaur* dengan susu guna* melembabkan kulit.

Madu berfungsi* karena berisi* senyawa anti bakteri dan anti inflamasi. Madu pun* mempunyai* efek osmosis yang bisa* menyerap cairan dan mengempeskan acne.

Di samping* itu, teksturnya yang kental menciptakan* madu sesuai* dikombinasikan dengan bahan lain. Meski demikian, pastikan guna* memilih madu yang benar-benar murni dan alami.

Pasalnya, senyawa anti bakteri dan anti inflamasi dapat* hilang saat merasakan* pemrosesan. Sama laksana* nutrisi yang hilang dengan teknik* memasak yang salah.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan madu yaitu:

    Bersihkan wajah dengan air hangat kuku.
    Ambil madu dengan kapas dan oleskan pada wajah.
    Diamkan sekitar* 15 sampai* 20 menit, bilas dengan air bersih.
    Ulangi perawatan 2 sampai* 3 kali dalam seminggu.

3. Mentimun

Cara menghilangkan jerawat secara alami - Mentimun

Jangan sepelekan khasiat mentimun. Ia tak hanya dapat* dinikmati sebagai lalapan dan bahan makanan sehat. Mentimun juga dapat* dijadikan teknik* menghilangkan jerawat dengan sayuran.

Sayur yang tidak jarang* dijadikan lalapan ini berisi* silika yang dapat membalikkan* kesegaran kulit. Kandungan airnya pun* sangat tinggi sampai-sampai* dapat memberi efek menyegarkan dan meminimalisir* peradangan.

Di samping* itu, mentimun mempunyai* astringent yang bisa* dijadikan teknik* menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara memakainya lumayan* mudah, yaitu:

    Kupas dan potong mentimun tipis-tipis.
    Letakkan pada kulit wajah dan biarkan sekitar* 15 hingga* 20 menit.
    Bersihkan dan bilas wajah dengan air hangat kuku.
    Mentimun pun* dapat diblender dan ditabung* di kulkas supaya* efek segarnya semakin bertambah.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih untuk* Kesehatan Secara Rutin

4. Pepaya

Tak melulu* nikmat disantap, pepaya berisi* tidak sedikit* nutrisi yang berfungsi* untuk kulit. Buah tropis asal Amerika Selatan ini dapat* dijadikan teknik* menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Di dalamnya, ada* enzim papain yang dapat meminimalisir* peradangan. Enzim ini pun* membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Di samping* itu, terdapat* likopen yang bisa* memutihkan wajah.

Pepaya muda sebetulnya* mempunyai* lebih tidak sedikit* papain. Namun, ia pun* berisi* getah yang bisa* memancing iritasi. Jika kulit kita* sensitif, lebih baik pilihlah pepaya yang telah* matang.

    Ambil daging buah pepaya dan haluskan sampai* menjadi bubur.
    Tambahkan satu sendok madu guna* mengentalkan masker.
    Oleskan ke wajah, diamkan selama* 15 menit.
    Bilas dengan air hangat kuku.

5. Kunyit

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat - Kunyit

Kunyit ialah* salah satu bumbu dapur yang tidak sedikit* digunakan dalam resep masakan Indonesia. Tak tidak sedikit* yang tahu, ternyata ia dapat* dipakai sebagai teknik* menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Studi mengindikasikan* senyawa anti bakteri kunyit dapat mengurangi* P. acnes sampai* 50 – 96%. Ia pun* berisi* senyawa chemoprecentative yang menolong* regenerasi kulit dan pengobatan* luka.

Kunyit dapat* dicampur dengan bahan-bahan lain laksana* madu, lemon, susu, dll. Jika tak punya waktu guna* melembutkan, kita* dapat memakai* bubuk kunyit yang terdapat* di pasaran. Caranya:

    Campur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok santap* madu murni.
    Aduk sampai* mengental, oleskan pada wajah, biarkan 20 hingga* 30 menit.
    Bilas dengan air hangat kuku.

6. Teh Hijau

Khasiat teh hijau guna* kulit tak hanya dinyatakan* wanita Jepang, tapi pun* di sekian banyak * penjuru dunia. Ia pun tidak jarang* direkomendasikan sebagai salah satu teknik* menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Teh hijau memang memiliki tidak sedikit* kandungan yang berfungsi* untuk kulit. Di antaranya, terdapat* anti oksidan polifenol dan EGCG yang dapat menolong* mengurangi peradangan.

Antioksidan pun* penting untuk mencegah* radikal bebas yang bisa* merusak sel. Meminumnya secara tertata* dapat mengontrol buatan* sebum dan menambah* kekebalan tubuh.

Setelah diminum, ampasnya pun dapat* kita manfaatkan sebagai masker. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan teh hijau yaitu:

    Buka kantong teh yang telah* diseduh dan ambil ampasnya.
    Campur dengan 1 sendok teh madu murni.
    Oleskan gabungan* madu dan teh ke wajah.
    Biarkan sekitar* 10 sampai* 20 menit.
    Bilas dengan air hangat kuku.

Baca juga: 10 Makanan Sehat guna* Ibu Hamil supaya* Janin Tumbuh Optimal

7. Kayu Manis

Rempah-rempah yang harganya psering dipakai* sebagai teknik* menghilangkan jerawat dan bekasnya. Di dalamnya, ada* cinnamaldehyde dan proanthocyanidin yang mempunyai* sifat* anti inflamasi dan anti bakteri.

Cinnamaldehyde pun* membantu menambah* produksi kolagen pada kulit. Sehingga, regenerasi kulit dapat* lebih cepat terjadi dan bekas jerawat dapat* lebih cepat hilang.

Meski demikian, kayu manis tidak boleh dipakai* ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, ia berisi* glychyrrhizin yang bisa* mengganggu plasenta dan memprovokasi* IQ bayi.

Cinnamaldehyde dan eugenol-nya pun* dapat mengakibatkan* iritasi pada beberapa* orang. Sebelum menggunakan, pastikan kita* tidak alergi terhadap rempah-rempah yang harganya pernah lebih mahal dari cincin emas ini.

Caranya membuatnya:

    Campur 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 2 sendok santap* madu.
    Aduk sampai* mengental dan berbentuk laksana* pasta.
    Oleskan ke semua* wajah atau unsur* yang berjerawat.
    Biarkan 10 hingga* 15 menit, bilas sampai* bersih.

8. Kulit Pisang

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya - Kulit pisang

Manfaat pisang guna* kesehatan telah* dikenal semenjak* lama. Buah tropis ini sering dipakai* dalam penyembuhan* diare, maag, dan menanggulangi* keputihan.

Pisang juga* berisi* tidak sedikit* gizi yang berfungsi* untuk wajah. Tak melulu* buahnya, kulitnya bahkan dapat* digunakan sebagai salah satu teknik* menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat.

Di dalamnya, terdapat* tannin, saponin, dan flavonoid yang bermanfaat* sebagai anti mikroba. Senyawa ini urgen* untuk mengurangi* pertumbuhan bakteri P. acnes supaya* tidak semakin parah.

Saponin juga berfungsi* untuk mencuci* kulit wajah. Orang Amerika Selatan kuno bahkan memakai* tanaman yang berisi* saponin untuk mencuci* diri sebelum sabun diproduksi masal.

Kulit pisang pun* berisi* vitamin A, B6, B12, B3, C, dan E. Vitamin A, C, dan E bermanfaat* sebagai antioksidan dan menurunkan peradangan. Sedangkan B kompleks menolong* mencegah hiperpigmentasi.

    Pilih pisang yang telah* matang. Jangan pakai* yang masih mentah atau terlampau* matang.
    Pisahkan kulit dari daging buah, potong menjadi sejumlah* bagian.
    Pijatkan kulit pisang dengan lembut ke wajah sekitar* sekitar 10 menit.
    Pastikan kulit yang kita* gosok masih berwarna putih. Jika telah* menghitam, ganti dengan kulit yang lain.
    Setelah berlalu* memijat, biarkan sesaat sebelum dibilas dengan air bersih.

9. Oat

Oat tak melulu* sehat guna* ibu hamil dan jantung, tapi pun* dapat dijadikan teknik* menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan alami. Di dalamnya ada* saponin yang dapat menolong* membersihkan wajah Anda.

Di dalam oat pun* ada* senyawa fenolik avenanthramides yang dapat menanggulangi* radang, iritasi, dan gatal. Di samping* itu, ada pun* vitamin E yang menolong* mempertahankan keremajaan kulit.

Anda juga* tak perlu cemas* kesusahan menggali* oat. Pasalnya, Anda dapat* menggunakan oat instan yang terdapat* di supermarket dengan harga terjangkau. Cara membuatnya:

    Campurkan 2 sendok santap* oat dan 1 sendok teh madu.
    Oleskan pada semua* wajah dan leher.
    Pijat perlahan dengan gerakan memutar, biarkan sekitar* 15 menit.
    Bilas dengan air hangat kuku.

10. Ketumbar

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat - Ketumbar

Bumbu dapur ini biasa dipakai* untuk memberi rasa gurih dan khas pada masakan. Tak tidak sedikit* orang tahu, ketumbar tergolong* salah satu teknik* menghilangkan jerawat secara alami yang dapat* Anda gunakan.

Ketumbar ternyata berisi* pelbagai* nutrisi yang berfungsi* untuk kesehatan dan wajah. Di antaranya terdapat* vitamin C yang bermanfaat* sebagai antiokasidan, anti bakteri, dan anti inflamasi.

Ketumbar pun* diperkaya dengan vitamin A, beta karoten, dan asam folat. Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan ketumbar antara lain:

    Haluskan satu sendok teh ketumbar.
    Campur dengan dua sendok santap* madu, aduk sampai* rata.
    Oleskan ke wajah dan biarkan sekitar* sekitar 20 menit.
    Bilas dengan air hangat kuku.

Baca juga: 5 Jenis Tutorial Make Up Mata yang Perlu Diketahui Wanita
Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel?

Jerawat batu berukuran relatif besar dan tidak mempunyai* mata sampai-sampai* sulit dikeluarkan. Ia seringkali* disertai peradangan sampai-sampai* berwarna merah dan memunculkan* rasa sakit.

Anda me*sti berhati-hati supaya* tidak sembarangan menyentuhnya. Salah-salah, iritasinya malah meningkat* parah dan menyebar ke unsur* wajah yang lain.

Meski Anda perempuan* bekerja yang sibuk dan hendak* ia segera hilang, tidak boleh* coba-coba guna* memecahkannya sendiri. Jerawat jenis ini seringkali* akan membekas* luka yang relatif susah* dihilangkan.

Meski demikian, dokter kulit tidak menganjurkan* untuk membiarkannya begitu saja. Semakin lama sedang di* kulit, semakin tinggi kemungkinannya meninggalkan bekas. Lantas, apa yang dapat* Anda lakukan?
1. Cara Alami

Beberapa bahan alami di atas dapat* dipakai sebagai teknik* menghilangkan jerawat batu. Meski demikian, hati-hati dalam memilih bahan supaya* jerawat tidak meningkat* parah.

Pilihlah bahan dengan senyawa anti inflamasi dan dapat mendinginkan* kulit. Mentimun, lidah buaya, madu, dan teh hijau ialah* bahan yang dapat dipakai* dalam teknik* menghilangkan jerawat batu.

Di samping* itu, hati-hati pun* dalam membilas masker. Jangan menggosok wajah terlampau* keras sebab* dapat memecahkan jerawat secara tidak sengaja.

Pastikan wajah bersih sebelum diberi pelembab. Meninggalkan residu masker dan menimbunnya dengan pelembab dapat* menyumbat pori-pori Anda.

Di samping* itu, pilihlah pelembab eksklusif* wajah berjerawat. Biasanya, pelembab ini memakai* bahan dasar air dan berisi* bahan yang bisa* meredakan peradangan.
2. Gunakan Es Batu

Cara menghilangkan jerawat batu - Es batu

Di samping* bahan-bahan alami, es batu pun* dapat digunakan* sebagai teknik* mengilangkan jerawat batu yang meradang. Es dapat* membantu meminimalisir* bengkak pada pembuluh darah dan jerawat.

Es batu ini bisa* dikompreskan secara langsung ke kulit maupun dilapisi kain. Di samping* jadi teknik* menghilangkan jerawat batu, es pun* menenangkan kulit dan merapatkan pori-pori.

Yang butuh* diingat, tidak boleh* sekali-kali menggunakan* es batu yang kotor. Kalau hendak* melapisinya pun, pakai* kain yang bersih. Hal ini dimaksudkan supaya* Anda terhindar dari kotoran yang bisa* memperparah peradangan Anda.
3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Tak terdapat* salahnya mengupayakan* menerapkan gaya hidup sehat di kehidupan Anda. Selain berfungsi* untuk tubuh, hidup sehat dapat* membantu mempercepat teknik* menghilangkan jerawat batu.

Yang me*sti diingat, gaya hidup sehat ini perlu dilaksanakan* secara menyeluruh. Mulai dari mengawal* pola makan, istirahat* yang cukup, rajin berolahraga, hindari stres, hidup bahagia, dll.

Stres dapat merangsang* tubuh memproduksi lebih tidak sedikit* hormon dan memperparah acne. Di samping* itu, penelitian mengindikasikan* bahwa memberi batas* asupan gula dapat* menjadi salah satu teknik* menghilangkan jerawat batu.

Baca juga: 7 Tips Pola Hidup Sehat guna* Wanita Usia 20 & 30-an
4. Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika tak kunjung reda dan semakin parah, konsultasikan ke dokter kulit. Apalagi bila** acne ini disertai fenomena* seperti nyeri sendi dan demam.

Bisa jadi yang kita* alami ialah* acne fulminans yang diakibatkan* oleh bertambahnya* hormon testosteron dan melemahnya sistem imun. Kalau tidak segera diatasi, bisa-bisa mengakibatkan* penurunan berat badan secara drastis.

Di samping* itu, acne jenis ini pun* dapat disertai pembengkakan kelenjar getah bening. Hanya saja, seringkali* acne fulminans lebih tidak jarang* terjadi pada laki-laki daripada wanita.

Tanpa fenomena* itu pun, usahakan* kita* tetap konsultasi ke dokter ketika* acne susah* diatasi. Dokter bisa* menilai* teknik* menghilangkan jerawat batu yang paling sesuai* menurut* tingkat keparahannya.

Cara yang digunakan dapat* berupa pemberian krim topikal yang dioleskan langsung ke wajah. Cara menghilangkan jerawat batu juga dapat* dengan konsumsi antibiotik, terapi hormon, injeksi, atau laser.
5. Bijak dalam Merawat Kulit

Bijaklah dalam memakai* make up dan mengasuh* kulit. Tidak melulu* menjadi teknik* menghilangkan jerawat batu, tapi pun* mencegahnya hadir* kembali.

Penggunaan make up dan pelembab yang terlampau* tebal bisa* menyumbat minyak dan kotoran dalam pori. Oleh sebab* itu, pastikan make up selalu dimurnikan* secara menyeluruh.

Lakukan pun* eksfoliasi secara teratur* paling tidak* seminggu sekali. Namun, hindari menggosok unsur* wajah yang meradang. Pilih pun* eksfoliator berbahan lembut supaya* tidak melukai wajah.

Jika Anda menggunakan* jilbab, pastikan untuk mengawal* kebersihannya. Jilbab dapat* menjadi sarang bakteri andai* tak teratur* diganti. Karena itulah acne tidak jarang* muncul di dekat* garis jilbab.

Jangan lupa guna* selalu memakai* tabir surya ketika* beraktivitas di luar ruangan. Tak melulu* untuk mencegah* sinar UV, tapi pun* mencegah jerawat meningkat* parah dan memunculkan* bekas.
Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya?

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya - Wajah bersih

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya pun* sering ditanyakan kaum wanita. Ya, bekas jerawat yang menghitam memang paling* mengganggu penampilan.

Bekas ini seringkali* timbul karena sejumlah* faktor. Terutama, sebab* kebiasaan anda* memencet jerawat secara paksa. Apalagi andai* tangan anda tidak* higenis ketika* memegangnya.

Terkadang, memencet jerawat memang memunculkan* kepuasan tersendiri. Ia pun* jadi lebih cepat kempes dan sembuh. Tapi, tidak semuanya dapat* dipencet, khususnya* jerawat batu yang meradang.

Ada sejumlah* cara menghilangkan jerawat dan bekasnya seperti memakai* pepaya dan lidah buaya. Di samping* itu, Anda dapat* menggunakan krim pencerah wajah atau scrub guna* eksfoliasi.

Meski demikian, ada pun* kasus eksklusif* yang memerlukan* penanganan dokter kulit. Bagi* noda yang tidak hilang setelah sejumlah* bulan, Anda dapat* mendapatkan terapi laser atau mikrodermabrasi.
Perlukah Sabar Meski Ada Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat?

Banyak orang mengharapkan* hasil instan dalam urusan* apapun, tergolong* pada teknik* menghilangkan jerawat secara alami. Padahal, menghilangkan jerawat secara alami perlu* ketelatenan dan proses.

Bahan-bahan alami memerlukan* waktu guna* diserap kulit dan bekerja efeknya. Berbeda dengan produk pabrik yang telah* ditakar komposisi senyawanya dan dapat* bekerja secara langsung.

Di samping* itu, satu bahan alami bisa bertolak belakang* efeknya di masing-masing* orang. Ada yang sesuai* dengan madu, ada pun* yang tidak. Hasilnya juga bertolak belakang* tergantung situasi* kulit dan tingkat keparahan jerawat.

Oleh sebab* itu, pastikan kita* telaten mengulangi perawatan di atas secara berkala.* Monitor apakah terjadi iritasi pada wajah atau tidak. Semoga wajah kita* segera bersih dari jerawat membandel ya!      


EmoticonEmoticon

Mengenal Perangkat Keras Jaringan Komputer

   jaringan komputer merupakan kelompok* dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain. Saling terhubungnya komputer ini dia...