APA SIH CROCODILE SKINK?

Selamat datang semua* pembaca yang setia. Kali ini saya hendak* ngepost tentang reptil baru saya. Seekor “Tribolonotus Gracilis” atau biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan Kadal Duri Mata Merah, atau “Red Eyed Crocodile Skink”. Boleh dibilang kadal ini bertampang seram, danbuas* namun menurut* keterangan dari* saya mereka terbilang lucu dan imut-imut. Sepintas bentuknya serupa* buaya, lagipula* bagian punggungnya.Nih gan fotonyaGambar terkait
  Hewan ini berukuran lumayan* mungil, ukuran rata-ratanya selama* 15-20cm tetapi* dia dapat* mencapai ukuran max 25cm luamayan mungil dengan muka sangarnya. Jadi gak salah kalau tidak sedikit* orang yang bilang kadal ini jinak, banget malah. Sama laksana* jenis kadal lainnya ekor si croc inidapat* putus juga, tersebut* kalau dia memang sedang stress. Tapi ekornyadapat* tumbuh lagi, ya namun* gak sepanjang sebelumnya.
Usianya dapat menjangkau* 10 tahun, barangkali* lebih gimana merawatnya saja. Kadal ini berkembang biak dengan teknik* bertelur, satu butir setiaptidak cukup* lebih sebulan sekali. Telurnya menetas dalam jangka masa-masa* 40 sampai* 90hari, seringkali* dalam rentang masa-masa* setelahmenerbitkan* telur berikutnya. Ketika baru terbit* dari telurnya, kadal ini berukuran selama* 7 cm. Betina seringkali* hanya bertelur satu butir dalam satu waktu, dan jantan hidup dengan tradisi teritorial layaknya singa (sok2an ini binatang, udah niru2 buaya, musang masih pun* niru2 singa).

Binatang ini punya pertahanan diri yang tidak jarang* disebut 'Play Dead' kalo pada binatang, yakni* pura2 mati dan badannya menjadi kaku saat* dia merasa terdapat* ancaman dari luar. Pertahanan diri laksana* yang dipunya oleh musang. Makanya, kalu nanti kamu* lihat dia diem kaya yang mati mending diperiksa* bener-bener dulu, siapa tau lagi akting. Satu urusan* yang khas dari fauna* bertubuh mungil, lagipula* namanya kadal, tentunya* lincah, dia pun* sama laksana* itu. Malahan punya saya dia suka loncat. Jadi siap-siap bikin* ngejar aja.


Kalo inginkan* pelihara sih mudah* aja. Cuma perlu* akuarium paling tidak** panjang 40 cm. Terus di dalem akuarium di-setting terdapat* daratan ama ada lokasi* air. Tempat airnya gak cuman bikin* minum, tapime*sti dapat* buat berendam. Kadalnya termasuk fauna* lembab, makanyaperlu* tempat berendam gitu (FYI, perhatiin kalo melihara di lokasi* ber-AC, AC tu kering ya, ngga lembab). Jangan tak sempat* tambahin gua bikin* sembunyi, sama batang pohon. Gak usah gede-gede sih, yang penting dapat* buat dia manjat-manjat. Makin canggih* kalo terrarium di-setting terdapat* air terjunnya hehe.

Soal makan pun* gampang. Kasih aja ulet hongkong, ulet jerman. Uletnya simpen di toples aja, atau bekas kotak kue. Kasih dedaunan atau sayur buatsantap* ulet. Kasih jangkrik pun* bisa. Belinya di toko yang jual burung,seringkali* ada tuh. Tapi terkadang mereka suka manja sih, milih-milih makanan yang dia suka saja. Hewan ini tergolong* nogturna, alias beraktifitas dimalam hari.

Apa lagi ya?? Nanti deh bila** ada coment atau tabahan di tambahin lagi. Butuh pendapat beda* boleh coment.

Dan ini klasifikasi ilmiahnya..

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Reptilia
Order: Squamata
Infraorder: Scincomorpha
Family: Scincidae
Genus: Tribolonotus
Species: T. gracilis


EmoticonEmoticon

Mengenal Perangkat Keras Jaringan Komputer

   jaringan komputer merupakan kelompok* dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain. Saling terhubungnya komputer ini dia...